|
Definisi Niche |
Niche atau ceruk dalam Bahasa Indonesia adalah suatu frase kata untuk
subyek bahasan tertentu yang fokus dan diminati/populer di kalangan tertentu.
Sementara wikipedia membuat definisi niche adalah bagian dari sektor pasar yang
terfokus dan tertarget.
Ada beberapa
konsep penting yang timbul dari definisi niche ini.
“Olahraga”,
“Hewan”, “Berita”, adalah sebuah subjek tetapi bukanlah sebuah contoh pengertian niche karena masih merupakan topik umum. Sedangkan “Tips
Kesehatan”, “Peralatan Golf”, “Teknik Memancing”, “Berternak Kelinci”, adalah contoh-contoh
niche, karena dilihat dari
definisi niche adalah sesuatu lebih terfokus dan ada peminatnya.
Saat kita ketikan kata “Kesehatan” di search engine,
akan banyak sekali informasi tentang kesehatan. Tetapi semuanya masih bersifat
umum. Tetapi pencarian yang lebih fokus maka akan mengetikan kata, misal “
Kesehatan Anak “, “Kesehatan Bayi” dsb. Frase ini ( Kesehatan anak dan
kesehatan bayi ) yang disebut dengan NICHE. Kebutuhan informasi ini pasti
dibutuhkan oleh pengguna yang terfokus pada niche diatas. Selanjutnya adalah micro niche.
Pengertian micro niche atau sub niche
Adalah suatu niche yang lebih spesifik
lagi dengan target pembaca/pengunjung yang lebih sempit lagi. Misalnya untuk niche “kesehatan bayi”, micro niche atau sub niche-nya bisa “tips kesehatan
bayi 1 tahun”, “ tips kesehatan bayi 6 bulan” atau “susu formula untuk
kesehatan bayi” dan lain-lain.
Sebuah blog dengan niche khusus yang membahas
tentang suatu masalah tertentu akan menarik pengunjung dalam hal ini orang yang
butuh informasi untuk melakukan suatu jalinan kerjasama yang bersifat profit
oriented ataupun cuma sekedar social oriented dengan lebih interaktif. Niche blog lebih disukai karena sifatnya
yang dinamis, interaktif dan sering diperbaharui.
Suatu niche yang membidik atau mempunyai
target/pasar tertentu. So, niche digunakan untuk menarik minat pembeli/pengunjung dan
umumnya bersifat money/profit oriented.
Ada banyak niche dan sub niche yang menawarkan
keuntungan. Mempunyai pengertian yang jelas tentang niche adalah dasar yang
dapat digunakan untuk membangun bisnis internet. Tanpa informasi ini internet
marketer hanya menghabiskan waktu dan pastinya kurang maksimal atau bahkan
tidak akan menghasilkan apa-apa. Suatu blog bisa mencakup satu atau lebih niche, namun makin terfokus/terarah
nichenya akan lebih baik. Kenapa? Karena monetasi
blog dimulai dari memilih niche
yang terarah.
Semoga dengan mengetahui dasar definisi niche dan cara
memilih niche yang baik kita akan lebih mudah meng”uangkan” blog, karena target pasar kita menjadi lebih jelas
dan spesifik.
Salam, carakucari.
Terimakasih anda telah membaca artikel tentang Definisi Niche Blog. Jika ingin menduplikasi artikel ini diharapkan anda untuk mencantumkan link http://carakucari.blogspot.com/2013/06/definisi-niche-blog.html. Terimakasih atas perhatiannya.